Cara Membuat Keripik Singkong Sendiri di Rumah

Salah satu cemilan yang sehat dan mengenyangkan adalah keripik singkong. Selain membeli produk olahan keripik singkong dalam kemasan yang sudah jadi, Anda juga bisa mencoba cara membuat keripik singkong sendiri di rumah.

Cara membuat keripik singkong renyah dan tidak keras

Ada banyak manfaat yang akan Anda dapatkan ketika mengonsumsi singkong atau keripik singkong. Tentunya, manfaat ini bisa dirasakan dengan lebih maksimal apabila Anda mengonsumsinya dengan cara yang tepat pula.

Bagaimana cara membuat keripik singkong sendiri?

Ada dua cara yang bisa Anda coba untuk membuat keripik singkong di rumah. Cara pertama adalah dengan menggoreng singkong, sementara cara kedua dilakukan dengan metode memanggang. 

  • Metode panggang

Untuk metode panggang, Anda akan memerlukan bahan-bahan berupa 450 gram ubi singkong, 2 sendok makan minyak zaitun, 1 sendok teh paprika , dan satu sendok teh garam.

Kemudian panaskan oven Anda ke dalam suhu 350 derajat Fahrenheit. Sambil memanaskan oven, cuci dan kupas singkong, lalu potong tipis-tipis dengan ketebelan sekitar 2-3 mm.

Campurkan potongan singkong dengan minyak zaitun, garam, dan paprika di dalam mangkuk besar. Setelah itu, pindahkan singkong ke loyang dan masukkan loyang tersebut ke dalam oven. 

Masak singkong di dalam oven selama 15 menit. Setelah itu, singkong sudah matang dan siap untuk disantap.

  • Metode goreng

Cara membuat keripik singkong berikutnya adalah dengan menggorengnya sendiri di rumah. Anda juga akan memerlukan bahan yang kurang lebih sama, yaitu ubi singkong 450 gram, 1 liter air, minyak untuk menggoreng, serta garam secukupnya untuk penambah rasa.

Berikutnya, potong singkong tipis-tipis dengan ketebalan sekitar 2-3 mm, lalu rendam di dalam air selama kurang lebih 45 menit. Akan lebih baik apabila air yang digunakan untuk merendam adalah air dingin.

Angkat dan tiriskan singkong dari air, lalu keringkan dengan menggunakan tisu. Pastikan singkong sudah benar-benar kering ketika akan digoreng. 

Panaskan minyak dengan suhu sekitar 370 derajat Fahrenheit, kemudian masukkan singkong satu per satu ke dalam minyak panas tersebut. Goreng sampai singkong berubah warna menjadi kecokelatan dan garing.

Setelah digoreng, tiriskan keripik singkong di atas tisu penyerap minyak. Sebelum disajikan, tambahkan garam sesuai selera untuk menambahkan rasa pada keripik.

Anda bebas memilih di antara kedua cara membuat keripik singkong di atas. Baik digoreng maupun dipanggang, sama-sama bisa memberikan rasa nikmat serta manfaat kesehatan bagi Anda. 

Mengapa perlu membuat keripik singkong sendiri?

Saat ini, memang ada banyak produk keripik singkong olahan yang sudah dijual di pasaran. Mungkin, dibandingkan dengan menggoreng keripik sendiri di rumah, Anda merasa lebih praktis untuk membeli keripik singkong yang sudah jadi.

Tapi, membuat keripik singkong sendiri di rumah sebenarnya bisa mendatangkan beberapa manfaat, seperti:

  • Tanpa tambahan bahan kimia

Anda tentu tahu bahwa makanan olahan yang dijual di dalam kemasan sudah ditambahkan dengan banyak bahan kimia. Misalnya seperti bahan kimia berupa pengawet, penguat rasa, pewarna tambahan, dan lain sebagainya.

  • Lebih menyehatkan

Membuat keripik singkong sendiri di rumah tentu lebih menyehatkan, karena Anda menggunakan bahan-bahan alami. Anda juga bebas menentukan jumlah garam yang ingin digunakan, sehingga lebih aman bagi Anda yang menderita tekanan darah tinggi.

Apabila Anda ingin mengonsumsi keripik singkong secara sehat, maka mengolahnya sendiri di rumah adalah cara yang tepat. Ikuti tahapan cara membuat keripik singkong di atas agar bisa membuatnya dengan lebih mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *