Amankah Menggunakan Sabun Batang untuk Membersihkan Wajah?

sabun batang

Untuk membersihkan tubuh dan wajah Anda membutuhkan produk sabun. Sebagian orang memilih sabun batang karena dinilai lebih praktis dan memberikan efek yang lebih bersih dibandingkan sabun gel. Ada berbagai jenis sabun batang yang dijual di pasaran. S

eluruh produk sabun batang tersebut menawarkan berbagai keunggulan dengan aroma yang khas. Bahkan beberapa produk sabun batang dengan merek tertentu mengklaim bahwa aman digunakan untuk seluruh tubuh, termasuk wajah. 

Cara Kerja Sabun Batang

Keringat dan kotoran bercampur dengan minyak alami yang diproduksi tubuh Anda. Hal ini yang membuat kotoran dapat menempel di kulit dan jika dibiarkan dapat menjadi sarang bakteri. Sabun batang mengandung berbagai bahan yang bertujuan untuk membantu merawat kulit. Bahan-bahan tersebut dapat memecah lapisan berminyak dan kotoran di kulit Anda sekaligus membunuh bakteri yang menempel.

Amankah Menggunakan Sabun Batangan pada Wajah? 

Pada umumnya, sabun batang digunakan untuk membersihkan tubuh dari kotoran. Sabun batang juga terlalu keras jika digunakan pada kulit wajah cenderung sensitif. Berikut bahaya menggunakan sabun batang untuk wajah Anda.

  • Mengeringkan kulit

Sabun batang mengandung senyawa kimia keras yang dapat menyebabkan kelembapan alami kulit hilang. Hal ini tentu membuat kulit menjadi kering, pori-pori semakin besar, kulit bersisik, bahkan mengelupas. 

  • Jerawat

Sabun batang dapat menyebabkan kulit kering. Saat kulit Anda kering, pori-pori di atas folikel rambut memproduksi lebih banyak sebum (minyak). Akibatnya, wajah jadi rentan berjerawat, iritasi, dan menyebabkan alergi terhadap berbagai produk.

  • Memengaruhi kseimbangan pH kulit wajah

Sabun batangan memiliki kadar pH yang tinggi karena bersifat basa. Sementara kulit wajah Anda memiliki pH yang rendah, cenderung asam. Penggunaan sabun batang pada kulit wajah dapat mengganggu pH alami kulit wajah Anda, sehingga rentan terhadap pengaruh bakteri.

  • Kerusakan sel kulit

Sabun batangan memiliki efek yang keras, sehingga mampu melemahkan sel-sel kulit. Akibatnya, kulit wajah Anda jadi kehilangan kelembapannya, bersisik, dan terlihat kusam. Selain itu, sabun batang juga membuat kulit wajah semakin sensitif terhadap sinar matahari.

Pilihlah Sabun Batang yang Aman

Saat ini sudah beredar berbagai produk sabun batang yang diformulasikan khusus untuk wajah. Namun, pastikan bahwa produk sabun tersebut hipoalergenik dan mengandung bahan yang mampu meningkatkan hidrasi kulit seperti: 

  • ceramide
  • gliserin
  • asam hialuronat
  • niacinamide.

Hindari bahan-bahan sabun batang untuk wajah yang mengandung paraben, parfum, lanolin, dan formaldehida. Zah-zat tersebut dapat mengiritasi kulit wajah Anda, sehingga menyebabkan berbagai masalah pada kulit Anda.  Selain itu, pilihlah sabun batang yang berbahan alami, seperti minyak zaitun, minyak kelapa murni, daun neem, dan bengkuang. 

Cara Membersihkan Wajah dengan Benar 

Untuk menjaga kesehatan kulit wajah, Anda perlu membersihkan wajah di pagi, malam, dan saat berkeringat banyak. Pilihlah sabun batang berbahan alami dengan formulasi yang lembut agar tidak menimbulkan iritasi. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan agar kulit wajah bersih menyeluruh.

  • Basuh wajah Anda menggunakan air
  • Gunakan sabun batang dan gosokan di tangan hingga sedikit berbusa
  • Oleskan busa sabun di wajah Anda, lalu pijat dengan lembut area wajah
  • Bilas kembali menggunakan air dan pastikan tidak ada sisa sabun di kulit wajah 
  • Keringkan wajah Anda dengan handuk 
  • Setelah itu, oleskan toner dan pelembab agar wajah tidak kering.

Catatan SehatQ

Gunakan produk sabun dengan formulasi yang lembut agar tidak merusak kulit wajah Anda. Selain itu, saat membersihkan wajah, pastikan untuk memijat wajah dengan perlahan dan menggunakan handuk yang lembut agar kulit tidak iritasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *