​​Deteksi Penyakit Tidak Menular di Posbindu Puskesmas Penjaringan

Puskesmas Penjaringan memiliki layanan Posbindu untuk mendeteksi berbagai jenis penyakit tidak menular (PTM). PTM adalah kondisi kesehatan tidak menular yang tidak dapat ditularkan dari orang ke orang dan biasanya berlangsung untuk jangka waktu yang lama. PTM juga dikenal sebagai penyakit kronis. Kombinasi faktor genetik, fisiologis, gaya hidup, dan lingkungan dapat menyebabkan penyakit ini. Beberapa faktor risiko antara lain:

– Diet tidak sehat

– Kurangnya aktivitas fisik

– Merokok dan perokok pasif

– Penggunaan alkohol yang berlebihan

Penyakit tidak menular membunuh sekitar 40 juta orang setiap tahun atau sekitar 70 persen dari semua kematian di seluruh dunia. Penyakit tidak menular mempengaruhi orang-orang dari semua kelompok umur, agama, dan negara.

Penyakit tidak menular sering dikaitkan dengan orang tua. Namun, 15 juta kematian tahunan akibat penyakit tidak menular terjadi di antara orang berusia 30 hingga 69 tahun. Lebih dari 85 persen kematian ini terjadi di negara berpenghasilan rendah dan menengah dan di komunitas rentan di mana akses ke perawatan kesehatan pencegahan kurang.

Apa penyakit tidak menular yang paling umum?

Empat jenis utama penyakit tidak menular meliputi penyakit kardiovaskular, kanker, penyakit pernapasan kronis, dan diabetes.

Penyakit kardiovaskular

Pola makan yang buruk dan kurangnya aktivitas fisik dapat menyebabkan peningkatan:

– Tekanan darah

– Gula darah

– Lipid darah

– Kegemukan

Kondisi ini meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular, akan tetapi beberapa orang mungkin dilahirkan dengan (secara genetik cenderung memiliki) kondisi kardiovaskular tertentu.

Penyakit kardiovaskular merupakan penyebab utama kematian akibat penyakit tidak menular. Beberapa kondisi dan penyakit kardiovaskular tidak menular yang umum meliputi:

– Serangan jantung

-Stroke

– Penyakit arteri koroner

– Penyakit serebrovaskular

– Penyakit arteri perifer (PAD)

– Penyakit jantung bawaan

– Trombosis vena dalam dan emboli paru

Kanker

Kanker mempengaruhi orang-orang dari segala usia, status sosial ekonomi, jenis kelamin, dan etnis. Ini adalah penyebab paling umum kedua dari kematian penyakit tidak menular secara global.

Pada tahun 2015, hampir 1 dari 6 kematian, secara global, disebabkan oleh kanker. Beberapa kanker tidak dapat dihindari karena risiko genetik. Namun, Organisasi Kesehatan Dunia memperkirakan bahwa 30 hingga 50 persen kanker dapat dicegah dengan mengadopsi pilihan gaya hidup sehat.

Langkah-langkah kunci dalam mencegah penyakit ini meliputi:

– Menghindari tembakau

– Membatasi alkohol

– Mendapatkan imunisasi terhadap infeksi penyebab kanker

Kematian akibat kanker yang paling umum pada pria di seluruh dunia meliputi:

– Kanker paru-paru

– Kanker hati

– Kanker perut

– Kanker kolorektal

– Kanker prostat

Kematian akibat kanker yang paling umum pada wanita di seluruh dunia meliputi:

– Kanker payudara

– Kanker paru-paru

– Kanker kolorektal

– Kanker serviks

– Kanker perut

Penyakit pernafasan kronis

Penyakit pernapasan kronis adalah penyakit yang mempengaruhi saluran udara dan struktur paru-paru. Beberapa penyakit ini memiliki dasar genetik. Namun, penyebab lain termasuk pilihan gaya hidup seperti merokok dan kondisi lingkungan seperti paparan polusi udara, kualitas udara yang buruk, dan ventilasi yang buruk.

Meskipun penyakit ini tidak dapat disembuhkan, mereka dapat dikelola dengan perawatan medis. Penyakit pernapasan kronis yang paling umum meliputi:

– Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK)

– Asma

– Penyakit paru-paru akibat kerja, seperti paru-paru hitam

– Hipertensi paru

– Fibrosis kistik

Diabetes

Diabetes terjadi ketika tubuh tidak dapat memproduksi cukup insulin, hormon yang mengatur gula darah (glukosa). Ini juga dapat terjadi ketika tubuh tidak dapat secara efektif menggunakan insulin yang dihasilkannya.

Beberapa efek diabetes termasuk penyakit jantung, kehilangan penglihatan, dan cedera ginjal. Jika kadar gula darah tidak terkontrol, diabetes dapat secara serius merusak organ dan sistem lain dalam tubuh dari waktu ke waktu.

Ada dua jenis utama diabetes:

– Diabetes tipe 1 sering didiagnosis selama masa kanak-kanak atau dewasa muda. Kondisi ini adalah hasil dari disfungsi sistem kekebalan tubuh.

– Diabetes tipe 2 sering didapat selama masa dewasa nanti. Kondisi ini biasanya hasil dari pola makan yang buruk, tidak aktif, obesitas, dan faktor gaya hidup dan lingkungan lainnya.

Jenis diabetes lainnya termasuk:

– Diabetes gestasional, yang menyebabkan peningkatan gula darah pada 3 hingga 8 persen wanita hamil di Amerika Serikat

– Prediabetes, suatu kondisi yang ditentukan oleh kadar gula darah yang lebih tinggi dari normal yang mengarah pada risiko yang sangat tinggi terkena diabetes tipe 2 dalam waktu dekat.

Anda dapat langsung melakukan screening di Posbindu Puskesmas Penjaringan untuk mendeteksi PTM. Segera hubungi dokter jika Anda mengalami gejala-gejala yang terlihat tidak normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *